RENCANA PEMBELAJARAN PENGAJARAN
Mata Pelajaran : Sistem bahan bakar
Kelas/Semester :
II / Gasal
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 1 x 10 Menit
Stándar
Kompetensi : Pemeliharaan /Servis sistem bahan bakar
Kode Kompetensi :
OTOKR
Kompetensi Dasar : Pemeliharaan
/ servis sistem tenaga ( Power sistem) dan
sistem
percepatan beserta komponen- komponenya.
Indikator :
1. Dapat memahami tentang Sistem tenaga (
Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen- komponenya pada karburator
2. Dapat menjelaskan Konstruksi dan cara kerja
sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen- komponenya pada karburator
3. Dapat melakukan Pemeliharaan / servis sistem
tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen - komponenya pada
karburator tanpa menyebabkan kerusakan
pada komponen yang lain.
I. Tujuan Pembelajaran:
a. Tujuan Instruksional khusus:
1. Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi dan
cara kerja Sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta
komponen - komponenya pada karburator dengan
benar.
2. Siswa dapat melakukan pemeliharaan /servis
Sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen -
komponenya pada karburator sesuai SOP (Standard Operational Procedure)
b.Tujuan Instruksional umum:
1. Siswa dapat melakukan pemeliharaan sistem bahan
bakar dengan benar sesuai SOP (Standar
Operational Procedure).
II. Materi Ajar:
a. Fungsi sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem
percepatan pada
karburator.
b. Konstruksi dan prinsip kerja sistem
tenaga ( Power sistem) dan
sistem percepatan
pada karburator.
c. Prosedur pemeliharaan sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem
percepatan pada
karburator.
d. Standar prosedur keselamatan
kerja.
III. Metode Pembelajaran:
a. Mastery learning
b. Direct teaching
c. Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
a.
Kegiatan awal
No
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Berdo’a
|
|
|
2 Menit
|
2
|
Salam pembuka persensi
|
|
|
|
3
|
Menyampaikan tujuan pemelajaran yang akan dicapai
|
Mastery learning
|
|
|
4
|
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
|
Mastery learning
|
|
|
5
|
Menyampaikan materi pengantar untuk menyamakan
persepsi siswa
|
Direct Teaching
|
|
.
b.
Kegiatan inti
No
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Menyampaikan informasi tentang sistem tenaga ( Power sistem)
dan sistem percepatan pada karburator
|
Direct Teaching
|
OHP
|
6 Menit
|
2
|
Menyampaikan informasi tentang komponen-komponen
sistem sistem tenaga ( Power sistem)
dan sistem percepatan pada karburator secara umum
|
Direct Teaching
|
OHP
|
|
3
|
Menyampaikan informasi tentang fungsi tiap komponen sistem sistem tenaga ( Power sistem)
dan sistem percepatan pada karburator
|
Direct Teaching
|
OHP
|
c.
Kegiatan Akhir
No
|
Kegiatan
|
Metode
|
Media
|
Waktu
|
1
|
Menyimpulkan tentang cara kerja dan fungsi sistem tenaga ( Power
sistem) dan sistem percepatan pada karburator
|
Direct Teaching
|
|
2 Menit
|
2
|
Menutup pelajaran dengan berdoa
|
Direct Teaching
|
|
|
Jumlah
|
10 Menit
|
d.
Penilaian:
Evaluasi
No
|
Soal
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Apakah fungsi sistem tenaga ( Power sistem) pada karburator
|
15
|
|
2
|
Apakah fungsi sistem
percepatan pada karburator
|
15
|
|
3
|
Jelaskan cara
kerja cara kerja sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada
karburator !
|
20
|
|
4
|
Jelaskan komponen
–sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator beserta
fungsinya!
|
50
|
|
Jumlah
|
100
|
|
e. Referensi
1. New Step 1
Menyetujui
Dosen Pembimbing Mahasiswa
(Noto Widodo, M.Pd)
(Aci Primartadi, A.Md)
NIP.
NIM. 07504242012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar