Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 04 April 2013

RPP Sistem Bahan Bakar



RENCANA PEMBELAJARAN PENGAJARAN


Mata Pelajaran            :  Sistem bahan bakar
Kelas/Semester            :  II / Gasal
Pertemuan Ke             :  3
Alokasi Waktu            :  1 x 10 Menit
St├índar Kompetensi   :  Pemeliharaan /Servis sistem bahan bakar
Kode Kompetensi       :  OTOKR
Kompetensi Dasar      : Pemeliharaan / servis sistem tenaga ( Power sistem) dan  
                                      sistem percepatan beserta komponen-   komponenya.
Indikator                     :
1.      Dapat memahami tentang Sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen-   komponenya pada  karburator
2.      Dapat menjelaskan Konstruksi dan cara kerja sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen-   komponenya pada  karburator
3.      Dapat melakukan Pemeliharaan / servis sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen - komponenya pada  karburator tanpa menyebabkan kerusakan pada komponen yang lain.

I. Tujuan Pembelajaran:
a. Tujuan Instruksional khusus:
1.      Siswa dapat mendiskripsikan konstruksi dan cara kerja Sistem tenaga   ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen - komponenya pada  karburator dengan benar.
2.      Siswa dapat melakukan pemeliharaan /servis Sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan beserta komponen - komponenya pada  karburator sesuai SOP (Standard Operational Procedure)
b.Tujuan Instruksional umum:
1.      Siswa dapat melakukan pemeliharaan sistem bahan bakar dengan benar sesuai SOP (Standar Operational Procedure).
II. Materi Ajar:
a.       Fungsi sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator.
b.      Konstruksi dan prinsip kerja sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator.
c.       Prosedur pemeliharaan sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator.
d.      Standar prosedur keselamatan kerja.

III. Metode Pembelajaran:
a.       Mastery learning
b.      Direct teaching
c.       Demonstrasi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:

a.      Kegiatan awal


No
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
1
Berdo’a


2 Menit
2
Salam pembuka persensi


3
Menyampaikan tujuan pemelajaran yang akan dicapai
Mastery learning

4
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
Mastery learning

5
Menyampaikan materi pengantar untuk menyamakan persepsi siswa
Direct Teaching



.



b.      Kegiatan inti


No
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
1
Menyampaikan informasi tentang  sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator
Direct Teaching
OHP
6 Menit
2
Menyampaikan informasi tentang komponen-komponen sistem  sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator  secara umum
Direct Teaching
OHP
3
Menyampaikan informasi tentang fungsi tiap  komponen sistem  sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator
Direct Teaching
OHP



c.       Kegiatan Akhir



No
Kegiatan
Metode
Media
Waktu
1
Menyimpulkan tentang cara kerja dan fungsi sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator
Direct Teaching

2 Menit
2
Menutup pelajaran dengan berdoa
Direct Teaching

Jumlah
10 Menit














d.      Penilaian:

Evaluasi

No
Soal
Nilai
Keterangan
1
Apakah fungsi sistem tenaga  ( Power sistem) pada karburator
15

2
Apakah fungsi sistem percepatan pada karburator
15

3

Jelaskan cara kerja cara kerja  sistem tenaga      ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator  !

20

4
Jelaskan komponen –sistem tenaga ( Power sistem) dan sistem percepatan pada karburator beserta fungsinya!

50

Jumlah
100


















e.       Referensi

1.  New Step 1


Yogyakarta, 14  April 2008


Menyetujui

   Dosen Pembimbing                                                               Mahasiswa




(Noto Widodo, M.Pd)                                                      (Aci Primartadi, A.Md)
  NIP.                                                                                   NIM. 07504242012

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar