Cari Blog Ini

Senin, 01 April 2013

PENGGUNAAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTIONAL (CAI) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM JURUSAN OTOMOTIF DI SMK

A. Pendahuluan 
Pendidikan  Nasional  Indonesia  bertujuan  untuk  meningkatkan  kualitas 
manusia  seutuhnya,  yaitu  manusia  yang  berbudi  pekerti  luhur,  kepribadian 
maju,  tangguh,  cerdas,  kreatif,  terampil,  disiplin,  beretos  kerja  profesional, 
bertanggung  jawab,  produktif,  sehat  jasmani  dan  rohani.  Untuk  mencapai 
tujuan  pendidikan  nasional  tersebut  kualitas  proses  pembelajaran  harus 
diupayakan  dengan  pengetahuan-pengetahuan  dan  perbaikan-perbaikan  sesuai 
kebutuhan melalui inovasi pendidikan. Aktivitas pendidikan dapat berlangsung 
dalam  keluarga,  dalam  sekolah  dan  dalam  masyarakat.  Dalam  keluarga, 
pendidikan  orang  tua  yang  diperlukan,  mulai  dari  pemberian  teladan  kepada 
anak mengenai norma-norma dalam keluarga, mengenai teladan pola keluarga 
dan  sebagainya.  Di  masyarakat  pendidikan  dapat  dilakukan  dengan  norma-norma dan aturan di masyarakat, tingkah laku di masyarakat serta adat istiadat 
yang berlaku di masyarakat. Sedangkan di sekolah, biasanya pendidikan  yang 
diberlakukan  adalah  formal.  Pendidikan  formal  dengan  mempelajari  ilmu 
pengetahuan  sesuai  dengan  bidang  keahlian  masing-masing  siswa. 
Keberhasilan  pendidikan  di  sekolah  ditentukan  oleh  guru,  siswa  dan  metode 
pembelajaran  yang  tepat.  Menurut  Dittrich  et  al.  (2009:  17),  guru  dituntut 
menjadi  social  worker,  psychologist,  mediator,  communicator,  team  worker, 
knowledge  networker,    dan  an  expert.  Tentunya  guru  perlu  didukung  oleh 
siswa  yang memiliki motivasi dan ketepatan metode  yang disampaikan dalam 
pembelajaran. 
Jurusan otomotif merupakan suatu bidang cukup menarik untuk dikaji. 
Di  dalamnya  ternyata  mempelajari  berbagai  ilmu  yang  dirangkum  dalam 
sebuah  ilmu  otomotif.  Dalam  menyampaikan  materi  pembelajaran,  para  guru 
menggunakan  metode  pembelajaran  yang  bervariasi.  Dengan  metode 
pembelajaran  yang  digunakan  guru,  sebenarnya  diharapkan  dapat  membuat 
iklim  belajar  yang  kondusif.  Iklim  belajar  nantinya  akan  menjadi  motivasi 
belajar  siswa  di  kelas.  Iklim  pembelajaran  yang  kondusif  antara  lain  dapat 
dikembangkan  melalui  berbagai  layanan  dan  kegiatan  semisal  menciptakan 
kerjasama  saling  menghargai  baik  antar  siswa  maupun  antara  siswa  dengan 
guru. Dengan pelayanan yang demikian, diharapkan akan tercipta iklim belajar 
dan pembelajaran yang aman, nyaman, tertib dan menyenangkan, yang mampu 
mendorong  terwujudnya  proses  pembelajaran  yang  aktif,  kreatif,  efektif,  dan 
bermakna yang lebih menekankan pada belajar mengetahui (learning to know) 
dan belajar hidup bersama secara harmonis (learning to live together). 
Dalam proses pembelajaran jika hanya terpaku pada seorang guru maka 
kemungkinan  hasil  belajar  yang  dicapai  siswa  jauh  dari  yang  diharapkan. 
Untuk  membantu  proses  pembelajaran  diperlukan  beberapa  media  yang  dapat 
digunakan  untuk  membantu  proses  belajar-mengajar,  sebagai  contoh  adalah 
menggunakan  benda  asli  ke  dalam  kelas,  selain  itu  dapat  juga  menggunakan 
gambar.  Pembelajaran  dengan  media  seperti  itu  dapat  membantu  proses 
belajar-mengajar,  tetapi  ketika  lokasi  kelas  dengan  bengkel  dan  ukuran  benda 
nyata tidak memungkinkan untuk masuk kedalam keals maka itu juga menajdi 
masalah  tersendiri.  Seiring  perkembangan  Informasi  dan  Teknologi  sekarang 
ini setiap SMK sudah memiliki fasilitas  listrik, komputer, dan proyektor  yang 
memadahi untuk proses belajar terutama di jurusan Otomotif. Adanya fasilitas 
tersebut  diharapkan  mampu  memaksimalkan  hasil  belajar  siswa  dan 
mempermudah proses penyampaian materi oleh guru, dengan media komputer 
tersebut  diharapkan  juga  mampu  menampung  gaya  belajar  siswa  yang 
mempunyai keragaman. 
B. Kajian Teori 
Barbara  B.  Seels  (1994:47)  mendefinisikan  teknologi  multimedia 
sebagai  teknologi  terpadu.  Teknologi  terpadu  adalah  cara–cara  untuk 
memproduksi  dan  menyebarkan  materi  yang  mengandung  beberapa  bentuk 
media dengan panduan komputer. Sedangkan menurut Azhar Arsyad (2006:52) 
multimedia  adalah  berbagai  kombinasi  grafik,  teks,  suara,  video,  dan  animasi 
yang  bersama-sama  menampilkan  informasi,  pesan  atau  isi  pelajaran  dengan 
bantuan  komputer.  Pembelajaran  dengan  teknologi  multimedia  memiliki 
karakteristik sebagai berikut: 
1.  Dapat digunakan secara random atau tidak urut maupun secara linier. 
2.  Dapat digunakan sesuai dengan cara yang dikehendaki oleh pebelajar, tidak 
hanya cara yang direncanakan oleh desainer. 
3.  Konsep–konsep  disajikan  secara  realistik  dalam  konteks  pengalaman 
pembelajar,  menurut  apa  yang  relevan  pada  pembelajar,  dan  di  bawah 
kendali pembelajar. 
4.  Prinsip–prinsip ilmu pengetahuan kognitif dan konstruktif diterapkan dalam 
pengembangan dan pemakaian pelajaran. 
5.  Belajar  berpusat  secara  kognitif  dan  terorganisasi  sehingga  pengetahuan 
dapat terkonstruksi ketika pelajaran dipakai. 
6.  Materi menunjukkan intensitas kegiatan pembelajar secara interaktif. 
7.   Materi memadukan kata dan gambar dari sumber-sumber media. 
(Barbara B. Seels, 1994:47) 
Heinich dkk (1986) dalam Warsita, 2008:138 mengemukakan sejumlah 
kelebihan  dan  kelemahan  yang  terdapat  pada  media  komputer  pembelajaran. 
Aplikasi  komputer  sebagai  media  pembelajaran  memberikan  beberapa 
kelebihan,  antara  lain  :  Interaktif,  Individual,  Fleksibel,  biaya  yang  rendah, 
Motivasi  tinggi,  Umpan  balik,  Record  keeping,  Kontrol  pada  pengguna. 
Hannafin dan Pack (1998) mendaftar 12 ciri suatu CAI dapat dikatakan efektif, 
yaitu: 
1.  Didasarkan atas tujuan pembelajaran. 
2.  Sesuai dengan ciri–ciri khas pebelajar yang menjadi sasaran. 
3.  Memaksimumkan Interaksi. 
4.  Individualisasi. 
5.  Memelihara minat pebelajar. 
6.  Melakukan pendekatan kepada pebelajar secara positif. 
7.  Memberikan variasi umpan balik. 
8.  Menyesuaikan dengan lingkungan pembelajaran. 
9.  Mengevaluasi tampilan. 
10.  Menggunakan sumber daya komputer dengan bijaksana. 
11.  Sesuai dengan prinsip-prinsip desain instruksional. 
12.  Telah dievaluasi dengan seksama. 
Sedangkan  Ronald  H.  Anderson  (1994:197)  mengatakan  CAI  adalah 
penggunaan komputer secara langsung dengan pebelajar untuk menyampaikan 
isi  pelajaran,  memberikan  latihan–latihan  dan  menguji  kemajuan  belajar 
mengajar.    Dari  semua  pendapat,  dapat  ditarik  kesimpulan  bahwa  CAI  pada 
hakekatnya  adalah  penyampaian  materi/bahan  ajar  melalui  komputer,  dan 
pebelajar melakukan aktifitasnya berinteraksi langsung dengan komputer.  
Makromedia  flash  merupakan  salah  satu  jenis  CAI  yang  dapat 
menampilkan  teks,  gambar,  animasi,  maupun  suara    yang  dibuat  dapat 
dikontrol  sehingga  pengajar  dapat  mengatur  tempo  penyampaian  materi. 
Animasi yang ditampilkan lebih menarik dan lebih detail sehingga penampilan 
maupun  materi  yang  disampaikan  menjadi  lebih  nyata  seperti  menggunakan 
benda  asli.  Jenis  huruf  yang  digunakan  macromedia  flash  tidak  akan  berubah 
walaupun  komputer  yang  digunakan  berbeda  dan  tidak  memilki  jenis  huruf 
yang  ada  pada  komputer  pembuat.  Macromedia  flash  juga  dapat  dijalankan 
komputer  manapun  tanpa  harus  menginstal  program  flash  terlebih  dahulu 
karena  output  file  dapat  berupa  executable(.exe).  gambar  pada  flash  ketika 
diperbesar  tidak  akan  pecah  karena  merupakan  gambar  vektor,  dan  ukuran 
output file macromedia flash.  
C. Pembahasan 
Kemajuan  dalam  bidang  pendidikan  ini  tidak  luput  dari  kemajuan 
teknologi  yang  terjadi  sekarang.  Multimedia  pada  awalnya  berupa  berbagai 
macam  media  yang  disatukan  untuk  membantu  proses  pembelajaran,  akan 
tetapi perkembangan lebih lanjut multimedia merupakan satu media yang dapat 
berfungsi  untuk  mengeluarkan  lebih  dari  satu  sumber  yang  dapat  dipelajari 
seperti  terdapat  teks,  gambar,  video,  dan  suara  dalam  satu  macam  media. 
Multimedia  yang  digunakan  dalam  pembelajaran  lebih  dapat  meningkatkan 
motivasi,  memperjelas  kompetensi  yang  diinginkan,  dan  menjadikan 
pembelajaran lebih menarik. 
Sarana  dan  prasarana  sekolah  sekarang  ini  sudah  memadahi  terutama 
untuk  proses  pembelajaran  menggunakan  komputer.  Pembelajaran  teori  di 
SMK terutama jurusan Otomotif merupakan salah satu pembelajaran pengantar 
praktek  yang  sangat  penting  untuk  keberhasilan  kompetensi  yang  diajarkan. 
Tanpa  dilandasinya  teori,  siswa  ketika  praktek  hanya  akan  semaunya  dan 
tujuan  utama  dari  pembelajaran  pasti  akan  berbeda  dengan  tujuan  semulanya. 
Sarana belajar mengajarpun sekarang sudah lebih ditingkatkan terutama untuk 
membantu  dalam  pencapaian  kompetensi.  Dengan  pemanfaatan  media 
komputer  sebagai  salah  saru  sarana  belajar  dikelas  diharapkan  dapat 
memaksimalkan  pengetahun  afektif  dan  kognitif  siswa,  sehingga  ketika 
pelaksanaan  praktek  siswa  mampu  menyelami  apa  yang  dipraktekkan  dan 
benar-benar kompeten. 
Penggunaan  CAI  merupakan  slah  satu  metode  pembelajaran  dari  guru 
untuk  memaksimalkan  kemampuan  kognitif  siswa.  Dengan  metode  ini 
dimungkinkan siswa lebih aktif dan tertarik terhadap materi yang disampaikan. 
Pembelajaran  dengan  CAI  jauh  lebih  efektif  untuk  memaksimalkan 
kemampuan kognitif siswa, selain itu dengan CAI karekter model belajar siswa 
yang  beragam  juga  dapat  teratasi  sehingga  jauh  lebih  efektif  dan  tidak 
menghabiskan  waktu.  Hanya  kelemahan  dari  CAI  adalah  jika  tidak  terdapat 
komputer  yang  tidak  sejumlah  dengan  siswa  yang  ada  maka  dapat 
dimungkinkan dengan berkelompok. Salah satu metode pemberian materi yang 
dapat membantu adalah  menggunakan  macromedia flash, software ini mampu 
menampilkan  teks,  gambar,  animasi,  suara,  yang  dapat  dipadukan  sehingga 
menimbulkan efek menarik bagi siswa yang belajar. Dengan media benda yang 
sesungguhnya  tidak  dapat  dibawa  ke  kelas  dapat  dengan  mudah  ditampilkan 
detail  ukuran,  spesifikasi,  dan  sesuai  dengan  keadaan  nyata/asli  oleh 
macromedia  flash.  Disisi  lain  penggunaan  macromedia  flash  juga  dapat 
mengefisiensikan  waktu  pembelajaran  dengan  hasil  yang  maksimal  sehingga 
proses  pembelajaran  teori  tidak  terlalu  lama  dan  menghabiskan  waktu  untuk 
praktikum.  Seperti  yang  sudah  disampaikan  dalam  kajian  teori  macromedia 
flash  dapat  dijalankan  komputer  manapun  tanpa  harus  menginstal  program 
flash terlebih dahulu karena output file dapat berupa executable(.exe), gambar 
pada  flash  ketika  diperbesar  tidak  akan  pecah  karena  merupakan  gambar 
vektor,  dan  ukuran  output  file  macromedia  flash.  Keunggulan  yang  dimiliki 
macromedia  flash  ini  dapat  mengatasi  keterbatasan  waktu  dan  keterbatasan 
sarana  yang  dimiliki  sekolah,  sehingga  materi  dapat  tersampaikan  secara  utuh 
dan menarik. 
D. Pustaka 
Anderson,  R.H.  1994.  Pemilihan  dan  Pengembangan  Media  untuk 
Pembelajaran.  Terjemahan  oleh  Yusuf  hadi  Miarso  dkk.  Jakarta:  CV. 
Rajawali. 
Azhar Arsyad, 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. 
Jakarta : Rineka Cipta. 
Dittrich,  Joachim  et  al.  (2009).  Standardisation  in  TVET  teacher  education. 
Alle Reche vorbehalten: Peter Lang GmbH. 
Hannafin, michael J. And kyle L. Pack. 1998.  The Design, Development, and 
Evaluation  of  Instructional  Software.  London:  Macmilan  Publishing 
Company. 
Pramono,  andi.  2004.  Presentasi  Multimedia  dengan  Makromedia  Flash. 
Yogyakarta : CV Andi Offset. 
Seels,  B.B.  &  Richey,  R.C.  1994.  Instructional  Technology:  The-  Definition 
and  Domains  of  the  Field.  Washington  DC:  Association  for 
Educational Communications and Technology.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar