Cari Blog Ini

Senin, 01 April 2013

PENGGUNAAN MAKROMEDIA FLASH SEBAGAI SALAH SATU SOLUSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KOMUNIKATIF


A.  Rasional
Kegiatan belajar-mengajar tidak lepas dari banyaknya kendala, kendala tersebut dapat berasal dari manusia sebagai subjek dan objek, sarana dan prasarana, maupun kendala waktu. Kedala yang berasal dari manusia adalah kemauan dan kemampuan baik dari subjek maupun dari objek. Disisi lain pemberi materi atau pengajar juga dapat besifat monoton dalam menyampaikan materi, sehingga penerima materi cepat merasa bosan. Penerima materi sangat tertarik ketika berada pada pertemuan pertama dan kedua karena merasa ada hal yang baru, pada pertemuan selanjutnya jika tidak ada inovasi metode maka penerima materi menjadi mudah bosan dan materi yang disampaikan tidak dapat terserap maksimal. Sarana dan prasarana dalam pembelajaran sangatlah mendukung keberhasilan proses belajar-mengajar. Sarana dan prasarana memudahkan pemberi materi dalam menyampaikan materi, dan penyerapan materi oleh penerima materi. Ruang dan waktu juga mempunyai andil yang besar sebagai salah satu kendala.
Sekolah Menengah Kejuruan salah satu tujuannya adalah mencetak lulusan yang kompeten dalam bidangnya,  untuk mencapai tujuan ini maka diperlukan keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar baik dalam teori maupun prakteknya. Media yang dimiliki SMK untuk  melaksanakan pembelajaran tidak selengkap yang berada dunia industri, selain itu keterbatasan waktu juga menambah kendala dalam pencapaian kompetensi pembelajaran yang utuh. Untuk mengurangi kendala tersebut dibutuhkan proses pembelajaran yang komunikatif, interaktif dan memanfaatkan teknologi yang mampu memberikan gambaran kompetensi secara utuh dalam waktu yang terbatas terutama dalam pembelajaran teori.
B.  Rumusan Masalah
Dari rasional masalah diatas dapat dirumuskan masalah menjadi beberapa poin berikut ini :
1.   Dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik untuk mengaktifkan penerima materi dan membuat tidak cepat bosan.
2.   Saran dan prasarana di lembaga sekolah tidak selengkap di dunia industri maka dibutuhkan solusi cerdas untuk mengikuti perkembangan di industri.
3.   Waktu yang terbatas untuk proses pembejaran harus teratasi supaya kompetensi yang diajarkan dapat  terserap maksimal dan utuh.
C.  Pembahasan
Proses pembelajaran sangat penting untuk keberhasilan kompetensi terutama ketika melaksanakan praktik. Tanpa ada landasan teori yang kuat, ketika praktik peseta didik hanya melaksankan sebatas melaksankan kewajiban tanpa tahu apa yang harus dikuasainya. Dalam pembelajaran teori tidak dipungkiri peserta didik merasa bosan dengan apa yang disampaikan oleh pengajar. Untuk mengurangi kendala tersebut maka kegiatan belajar mengajar harus dibuat lebih interaktif, komunikatif, dan menarik sehingga siswa dapat menyerap materi secara maksimal dan tidak cepat merasa bosan. Usaha tersebut dapat memanfaatkan multimedia yang memanfaatkan teknologi untuk proses pembelajaran. Terlebih lagi materi yang disampaikan untuk anak SMK lebih banyak bersifat kognitif. Apabila pengajar dalam menyampaikan materi hanya menggunakan lisan dan tulisan di papan tulis maupun whiteboard maka dimungkinkan peserta didik cepat merasa bosan. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan pembelajaran yang lebih menarik dengan memanfaatkan keunggulan komputer dan proyektor sebagai salah satu alat untuk multimedia yang praktis dan menarik.
Komputer dapat menampilkan teks, gambar, grafik, animasi, suara maupun video. Adanya teks gambar maupun animasi yang dapat ditampilkan dalam satu alat akan menambah minat peserta didik dan materi yang disampaikan akan lebih termemori karena selain mendengar dan menulis siswa dapat melihat yang disampaikan oleh pengajar. Multimedia yang ditampilkan komputer pun dapat lebih interkatif dan menarik, karena disamping tidak monoton juga tampilan yang diberikan terutama efek warna dapat dibuat semenarik mungkin. Tampilan warna sangat berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar yang maksimal, selain warna gerak ataupun animasi pada tampilan dapat memperjelas pengajar dalam menyampaikan materi.
Pemanfaatan multimedia sebagai salah satu sarana pembelajaran dapat mempersingkat waktu yang terbatas dalam proses pembelajaran karena poin-poin penting materi dapat tersampaikan secara jelas, lebih menarik dan tidak memakan banyak waktu. Disisi lain keterbatasan sarana praktek yang dimiliki sekolah dapat diatasi. Mulai dari bentuk sampai komponen yang digunakan dan cara kerja dapat ditampilkan tanpa menghilangkan kemenarikan dari multimedia dan dapat mewakili penjelasan menggunakan benda aslinya. Multimedia yang digunakan untuk memperjelas materi dan menarik adalah macromedia flash.
Makromedia flash dapat menampilkan teks, gambar, animasi, maupun suara  yang dibuat dapat dikontrol sehingga pengajar dapat mengatur tempo penyampaian materi. Animasi yang ditampilkan lebih menarik dan lebih detail sehingga penampilan maupun materi yang disampaikan menjadi lebih nyata seperti menggunakan benda asli. Jenis huruf yang digunakan macromedia flash tidak akan berubah walaupun komputer yang digunakan berbeda dan tidak memilki jenis huruf yang ada pada komputer pembuat. Macromedia flash juga dapat dijalankan komputer manapun tanpa harus menginstal program flash terlebih dahulu karena output file dapat berupa executable(.exe). gambar pada flash ketika diperbesar tidak akan pecah karena merupakan gambar vektor, dan ukuran output file macromedia flash. Keunggulan yang dimiliki macromedia flash ini dapat mengatasi keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah, sehingga materi dapat tersampaikan secara utuh dan menarik.
D.  Simpulan
Komputer dapat menampilkan teks, gambar, grafik, animasi, suara maupun video. Adanya teks gambar maupun animasi yang dapat ditampilkan dalam satu alat akan menambah minat peserta didik dan materi yang disampaikan akan lebih termemori. Multimedia yang ditampilkan komputer pun dapat lebih interkatif dan menarik, karena tidak monoton juga efek warna dapat dibuat semenarik mungkin, selain warna gerak ataupun animasi pada tampilan dapat memperjelas pengajar dalam menyampaikan materi. Pemanfaatan multimedia sebagai salah satu sarana pembelajaran dapat mempersingkat waktu yang terbatas karena poin-poin penting materi dapat tersampaikan dan lebih menarik, keterbatasan sarana praktek yang dimiliki sekolah dapat diatasi. Makromedia flash dapat menampilkan teks, gambar, animasi, maupun suara  yang dibuat dapat dikontrol sehingga pengajar dapat mengatur tempo penyampaian materi. Animasi yang ditampilkan lebih menarik dan lebih detail sehingga penampilan maupun materi yang disampaikan menjadi lebih nyata seperti menggunakan benda asli. Keunggulan yang dimiliki macromedia flash ini dapat mengatasi keterbatasan waktu dan keterbatasan sarana yang dimiliki sekolah, sehingga materi dapat tersampaikan secara utuh dan menarik.
E.  Pustaka
Hariman, James R. 1993. Multimedia Untuk Komputer Anda. Jakarta : Dinastindo.
Pramono, andi. 2004. Presentasi Multimedia dengan Makromedia Flash. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.
Sudarmawan, S.T, M.T dan Doni Ariyus. 2007. Interaksi Manusia dengan Komputer. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar