Cari Blog Ini

Sabtu, 06 April 2013

Ozon VS Global Warming


I.       Ozon

Ozon (O3) terdiri daripada tiga atom oksigen setiap molekul. Pada suhu dan tekanan biasa ia berbentuk gas biru. Ozon membentuk cair biru tua pada suhu bawah -112 C, dan cair biru tua gelap pada suhu di bawah -193 C. Ozon ditemukan oleh Christian Friedrich Schonbein pada tahun 1840. Ozon berguna untuk menyerap radiasi UV-B. Ozon terbentuk secara simulasi di lapisan ozon. Lapisan ozon dapsat terkikis oleh klorofluorokarbon (CFC)Ozon digunakan untuk membatasi cahaya ultra-violet dengan atmosfera bumi dan membentuk satu lapisan ozon pada ketinggian 50 kilometer.

II.    Fungsi dari ozon

Lapisan ozon ini terdapat di antara lapisan Stratosfera dan Mesosfera yang melindungi bumi dari sinaran ultra-violet. Lapisan ozon digunakan untuk membatasi atmosfer bumi dengan angkasa luar agar sinar ultra violet tidak langsung kebumi. Jika lapisan ozon tidak ada, radiasi sinar ultra violet akan langsung kepermukaan. Radiasi ini dapat menyebabkan kanker kulit, penyakit katarak, menurunnya kekebalan tubuh manusia, dan menurunnya hasil panen kehidupan di bumi akan musnah termasuk manusia.

III. Global warming

Global warming adalah meningkatnya suhu rata-rata permukaan bumi akibat peningkatan jumlah emisi gas rumah kaca di atmosfer. Pemanasan global akan diikuti dengan perubahan iklim , seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan, dibelahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.
Pemanasan global dan perubahan iklim terjadi akibat aktivitas manusia, terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara) serta kegiatan lain yang berhubungan dengan hutan, pertanian, dan peternakan. Aktivitas manusia di kegiatan-kegiatan tersebut secara langsung maupun tidak langsung menyebabkan perubahan komposisi alami atmosfer, yaitu peningkatan jumlah gas rumah kaca secara global.
IV. Hubungan global warming dengan penipisan lapisan ozon
Masalah lingkungan dan kesehatan manusia yang terkait dengan penipisan lapisan ozon sesungguhnya berbeda dengan resiko yang dihadapi manusia dari akibat Pemanasan global. Meskipun begitu, kedua fenomena tersebut saling berhubungan. Beberapa polutan (zat pencemar) memberikan kontribusi yang sama terhadap penipisan lapisan ozon dan pemanasan global .Penipisan lapisan ozon mengakibatkan masuknya lebih banyak radiasi sinar ultraviolet UV yang berbahaya ke permukaan bumi. Namun, meningkatnya radiasi sinar UV bukanlah penyebab terjadinya  pemanasan global, melainkan kanker kulit, penyakit katarak, menurunnya kekebalan tubuh manusia, dan menurunnya hasil panen.  Penipisan lapisan ozon terutama disebabkan oleh Chloro Fluoro Carbon (CFC). Saat ini negara-negara industri sudah tidak memproduksi dan menggunakan CFC lagi.Dan dalam waktu dekat, CFC akan benar-benar dihapus  di seluruh dunia. Seperti halnya karbondioksida, CFC juga merupakan gas rumah kaca yang berpotensi terhadap pemanasan global jauh lebih tinggi dibanding karbondioksida sehingga dampak akumulasi CFC diatmosfer mempercepat laju  pemanasan global .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar