Cari Blog Ini

Jumat, 28 September 2012

Arti Filsafat



Filsafat merupakan ilmu yang sangat luas cakupannya, oleh karena itu titik tolak untuk memahami dan mengerti filsafat adalah meninjau dari segi asal usul kata tersebut (etimologi).
1.      Dari segi etimologi
Filsafat dalam bahasa indonesia memiliki padanan dengan falsafah (Arab), philosophy (Inggris), philosophia (Latin), dan philosophie (Jerman, Belanda, Prancis). Istilah tersebut semua berasal bahasa Yunani dari kata philein dan sophos berarti mencintai hal-hal yang bijaksana. Menurut cakupan kata sifat berasal dari kata philos dan sophia yang berart teman kebijaksanaan. Shopia selain bermakna tersebut diatas juga memiliki makna lain, makan tersebut antara lain :
a.     Kerajinan
b.    Kebenaran pertama
c.     Pengetahuan yang luas
d.    Kebajian intelektual
e.     Pertimbangan yang sehat
f.     Kecerdasan dalam memutusakan hal-hal praktis
Inti dari kata filsafat adalah mencari keutamaan mental.
2.      Filsafat sebagai suatu sikap
Sikap seseorang dalam menyikapi masalah yang ditinjau  yang ditinjau secara luas dan mendalam yang nantinya menimbulkan sikap ketenangan, keseimbangan pribadi, pengendalian diri, dan tidak emosional merupakan makna dari filsafat sebagai sebuah sikap.
3.      Filsafat sebagai suatu metode
Bermakna sebagai cara berfikir yang teliti dan hati-hati secara mendalam dan menggunakan penyelidikan yang beralasan dalam menjawab sebuah masalah.
4.      Filsafat sebagai kelompok persoalan
Persoalan daam filsafat jika dijawab secara logis dan rasional akan menimbulkan pertanyaan lain yang berkelanjutan serta harus.
5.      Filsafat sebagai sekolompok teori atau sistem pemikiran
Filsafat muncul dengan adanya sistem pemikiran dari filsuf besar untuk menjawab masalah yang dihadapi, sehingga masing-masing filsuf memunculkan terori yang sekarang ini kita terapkan dalam ilmu pengetahuan maupun kehidupan sehari-hari.
6.      Filsafat sebagai analisa logis tentang bahasa dan penjelasan makna istilah
Filsafat juga memiliki tujuan untuk menjelasakan arti istilah yang dipakai dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari, yang konsep-konsep dasarnya tidak berdiri sendiri dan berkaitan dengan ilmu lainnya.
7.      Filsafat merupakan usaha untuk memperoleh pandangan yang menyeluruh
Filsafat merupakan usaha dalam menggabungkan kesimpulan dair berbagai ilmu dan pandangan dunia yang konsisten, usaha ini hanya menitik beratkan pada sebagian kecil pengalaman manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar