Cari Blog Ini

Rabu, 24 Oktober 2012

Hubungan Filsafat Ilmu dengan Cabang Filsafat Ilmu Lain



Filsafat ilmu berhubungan langsung dengan bagain-baigan dari filsafat sistematik lainnya, seperti ontologi (ciri-ciri susunan kenyataan), filsafat pengetahuan (hakekat serta otensitas pengetahuan), logika (penyimpulan yang benar), metodologi (konsep metode), dan filsafat kesusilaan(nilai-nilai dan tanggung jawab).
1.      Ontologi merupakan cabang filsafat yang mempermasalahkan masalah “ada”. Filsafat ilmu berkaitan dengan ontologi karena dalam telaahnya terhadap ilmu akan menyelidiki landasan ontologis dari suatu ilmu. Landasan ontologis tersebut dapat dicari dengan menanyakan apa asumsi ilmu terhadap objek material dan objek formal.
2.      Epistemologi merupakan teori tentang pengetahuan, pembahasannya meliputi objek pengetahuan, sumber dan alat, kesadaran dan metode, validitas pengetahuan, dan kebenaran pengetahuan. Epistemologi berusaha menjawab masalah yang muncul dalam are tertentu, meliputi konsepsi spesifik tentang subjek, objek, dan hubungan keduanya dan itu dievaluasi dan menderivikasikan keterangan untuk mengevaluasi pengetahuan dari pengetahuan tentang hubungan.
3.      Logika merupakan cabang filsafat  yang persolannya begitu rumit dan luas, tetapi berkisar pada persoalan penyimpulan khususnya berkenaan dengan prinsip dan aturan yang absah. Tatanan logis merupakan syarat mutlak bagi suatu ilmu.
4.      Metodologi berkaitan dengan suatu konsep, ia mempersoalkan apa arti sebuah metode, apa sifat dasar metode, apa ada meotde khusus bagi imu. Filsafat ilmu mempersolakan masalah metodologik yaitu mengenai azas serta alasan apakah yang menyebabkan ilmu dapat memperoleh predikat pengetahuan ilmiah. 
5.   Fungsi metodologi adalah menguji apakah metode yang digunakan dapat menghasilkan pengetahuan yang valid. Etika merupakan cabang filsafat yang mempersoalkan yang mempersoalkan baik dan buruk. Hubungan filsafat ilmu dengan etika adalah mengarahkan ilmu supaya tidak menyelakakan manusia tetapi membimbing ilmu suapaya dapat menjadi sarana mensejahterakan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar